TV Analog Akan Berakhir, Saatnya Pasang Parabola

TV Analog Akan Dimatikan Pemerintah,  Parabola Solusinya.

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) memastikan proses migrasi TV analog ke TV digital (analog switch off/ASO) tetap sesuai jadwal, yakni pada 2022 kendati ada pandemi Covid-19. Demikianlah sebagaimana dikutip bisnis.com (31/8/2020).

"Dua tahun adalah waktu yang tepat untuk ASO, praktiknya nanti migrasi ini akan melalui fase simulcast yaitu bersiaran secara analog dan digital bersamaan, sehingga kalau terlalu lama menjadi tidak efisien,” kata Menkominfo Johnny Plate kepada Bisnis.com, Senin (31/8/2020)

Sebenarnya, proses migrasi dari siaran Analog ke digital sudah dirintis pada saat menkominfo Tiffatul Sembiring tahun 2012. Menkominfo Tifatul Sembiring memastikan pemerintah tidak lagi mengeluarkan izin penyelenggaraan televisi berteknologi analog sejalan dengan implementasi televisi digital mulai 2018.

Saatnya Pasang Parabola, TV Analog Segera Berakhir

"Ke depan tidak ada lagi izin tv analog, kita hanya memberi izin penyelenggaraan tv digital," kata Tifatul usai membuka Broadcast Multimedia Show 2012, di Balai Kartini, Jakarta, Senin (4/6/12) sebagaimana dikutip https // www. kominfo.go.id/content/detail/2037/pemerintah-setop-izin-penyelenggaraan-tv-analog/0/sorotan_media

Salah satu alasan mengapa siaran analog akan dihapus, adalah karena pemanfaatn sumber daya frekuensi agar lebih optimal dan efisien. digitalisasi televisi membuat freskuensi di 700 Mhz bisa ditata ulang dan dimanfaatkan untuk layanan lain seperti internet cepat. Pita frekuensi ini sebelumnya digunakan untuk siaran televisi. Padahal, frekuensi itu dinilai cocok untuk mendukung internet kecepatan tinggi. Sedangkan untuk siaran digital bisa menggunakan 112 Mhz.

Dengan demikian, lambat atau cepat, TV Analog akan diberhentikan pemerintah. Sebagai gantinya adalah siaran digital, saatnya Anda bermigrasi ke parabola, agar mendapatkan siaran dengan kualitas digital, dan tentu saja mendapatkan banyak Channel, termasuk channel Premium.

Beranda


Posting Komentar